Kebakaran Hutan


KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran hutan adalah salah satu jenis bencana alam dimana penyebab bencana adalah faktor api yang memberikan pengaruh terhadap hutan baik itu dari ketidaksengajaan (faktor alam) ataupun pengaruh dari manusia yang kurang bertanggung jawab.
Kebakaran hutan juga merupakan jenis bencana yang sangat sulit penanggulangannya. Apalagi jika sudah membesar, karena memadamkan api di sebuah lahan penuh tanaman yang mudah terbakar begitu sulit diakibatkan luasnya serta jauhnya hutan dari daerah penanggulangan bencana.
Kebakaran hutan bisa terjadi diakibatkan dua faktor. Pertama adalah faktor alam yang biasanya diakibatkan oleh petir yang menyambar ataupun gesekan antar tanaman di musim kemarau yang sangat panas.
Faktor kedua adalah faktor dari ulah manusia yang tidak bertanggungjawab, Yaitu mereka manusia yang ingin membuka lahan hutan tanpa harus bersusah payah tetapi tidak memperhitungkan sebab akibat yang terjadi dari bencana kebakaran hutan tersebut.
Akibat yang ditimbulkan dari kebakaran hutan adalah polusi asap yang sangat tinggi. Asap yang sangat tebal akan mengganggu pernafasan bahkan bisa sampai merusak sistem pernafasan kita.


   Penyebab Kebakaran Hutan

  1.  Kebakaran yang Disebabkan oleh Alam
  2. Kebakaran yang Disebabkan Kesengajaan Manusia

Comments

Popular posts from this blog

Bencana Alam Tsunami

Bencana Alam Banjir

Bencana Alam Tanah Longsor